Cara Belajar Efektif Di Rumah Selama Pandemi

9 minutes reading
Saturday, 18 Feb 2023 12:39 0 169 setiawan

Cara Belajar Efektif Di Rumah Selama Pandemi – Situasi pandemi memaksa masyarakat untuk tinggal di rumah, termasuk anak-anak yang bersekolah dari rumah atau di sekolah virtual. Menghadiri sekolah virtual mengharuskan guru, siswa, dan orang tua bekerja sama untuk mengidentifikasi cara belajar yang efektif selama pandemi.

Kondisi ini tentunya tidak mudah untuk diatasi dan dapat menimbulkan tantangan baru dalam proses belajar mengajar. Oleh karena itu, dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardikna), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI mengusung tema “Belajar dari COV-19”.

Cara Belajar Efektif Di Rumah Selama Pandemi

Cara Belajar Efektif Di Rumah Selama Pandemi

Tujuannya adalah agar orang tua dapat berpartisipasi aktif dalam kegiatan sekolah virtual yang dilakukan di rumah. Pasalnya, diyakini keberhasilan seorang anak dalam belajar bukan hanya tugas guru di sekolah, tetapi juga membutuhkan kerja sama orang tua dan anak.

Cara Agar Anak Tidak Ketinggalan Pelajaran Selama Belajar Di Rumah

Lantas, apa yang bisa dilakukan agar anak bisa belajar efektif dari rumah selama pandemi dan topik yang diusung Kemdikbud bisa diterapkan secara maksimal? Berikut cara-cara yang bisa Anda lakukan

Setiap anak adalah pribadi yang unik, sehingga seringkali mereka memiliki cara belajar yang berbeda. Oleh karena itu, orang tua perlu memahami cara atau gaya belajar anak.

“Gaya belajar pada anak banyak sekali, mulai dari gaya belajar auditori, visual, hingga kinestetik. Anak dengan gaya belajar kinestetik akan lebih menyukai kegiatan belajar yang aktif bergerak melalui permainan. Berbeda dengan gaya belajar anak auditori yang lebih menyukai ketenangan,” kata psikolog Jovita Marija Ferliana, psikolog M.Psi.

“Dengan memahami kekhususan gaya belajar anak, akan lebih mudah bagi kita untuk mendukungnya dalam menerima dan menangkap pelajaran. Apalagi di masa ini

Tips Belajar Online Yang Efektif Dan Efisien Di Masa Pandemi

Metode pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics) berfokus pada aspek kolaborasi, komunikasi, inkuiri, pemecahan masalah, berpikir kritis, dan kreativitas. Jadi, dengan menggunakan metode STEAM, setiap kacang dapat mengembangkan 5C yaitu

Dalam hal ini, Sampoerna Academy adalah salah satu sekolah, bahkan pelopor metode STEAM di Indonesia. Dengan menggunakan metode STEAM, Sampoerna Academy menekankan pentingnya sinergi antara guru, anak, dan peran orang tua dalam menemukan gaya belajar untuk mengoptimalkan keberhasilan mereka.

Selain itu, siswa terus aktif terlibat dalam berbagai tugas dengan tingkat penyelesaian tugas sebesar 99,3%. Semua kegiatan belajar mengajar dinilai efektif oleh orang tua, 97% orang tua merasa puas dengan kegiatan belajar mengajar anaknya. Tingkat persetujuan belajar dari orang tua juga mencapai 81%.

Cara Belajar Efektif Di Rumah Selama Pandemi

Jauh dari jangkauan anak, terutama jika dia punya waktu untuk belajar. Simpanlah di tempat yang tidak diketahui oleh anak, sehingga mereka tidak dapat mengambilnya dan memainkannya tanpa izin

Tantangan Belajar Dari Rumah Di Masa Pandemi Covid 19

Artikel Terkait: Jangan lewatkan! Ini jadwal tayang program ke-4 TVRI “Belajar dari Rumah”. Menemani selama menuntut ilmu

Cara anak belajar efektif dari rumah selanjutnya adalah orangtua mendampingi anaknya selama belajar. Dengan bantuan orang tua, dapat membantu anak menemukan solusi ketika menghadapi masalah dalam proses pembelajaran.

Kemudian juga diyakini bahwa cara ini lebih mampu membangkitkan rasa percaya diri anak. Anak akan lebih mantap dengan materi yang dipelajarinya dan akan lebih tenang ketika harus mengikuti ulangan atau ujian yang diberikan oleh guru.

Saat belajar dari rumah, orang tua berperan besar dalam memantau kegiatan belajar anaknya. Sehingga jika orang tua sering berkomunikasi dengan guru, maka dapat membantu orang tua untuk mengetahui seperti apa gaya belajar anaknya sehari-hari di sekolah, sehingga orang tua dapat menerapkannya saat anaknya belajar di rumah.

Tips Belajar Online Saat Pandemi Covid 19 Agar Tetap Efektif

Berkomunikasi dengan guru juga dapat membantu dalam mencari solusi ketika anak menemui kendala dalam proses pembelajaran. Biasanya guru lebih tahu cara mengatasi masalah belajar anak, karena dialah yang hampir setiap hari mengajar anak secara langsung di sekolah.

Inilah 5 cara yang bisa digunakan untuk menjaga sinergi antara guru, siswa, dan orang tua dalam proses pembelajaran di rumah selama pandemi. Semoga informasi ini bermanfaat, ya.

Apakah orang tua Anda membuat Anda pusing? Ayo tanya-tanya langsung dan dapatkan jawaban dari sesama orang tua dan juga pakar di aplikasi Asianparent! Tersedia untuk iOS dan Android. Di masa pandemi seperti saat ini, tidak hanya orang tua yang bekerja dari rumah, pelajar hingga mahasiswa juga belajar dari rumah. Tentunya dengan adanya metode belajar dari rumah akibat pandemi, kita membutuhkan metode belajar online yang efisien dan efektif. Karena tidak menutup kemungkinan setiap orang tertidur pada saat berada di rumah.

Cara Belajar Efektif Di Rumah Selama Pandemi

Saat kondisi masih normal, kegiatan belajar mengajar seringkali kurang kondusif. Kegiatan belajar dari rumah tentunya akan semakin kurang menguntungkan karena tidak ada guru yang secara langsung mengontrol kegiatan belajar.

Evaluasi Pembelajaran Tatap Muka Saat Pandemi

Namun kini, meski belajar di rumah, siswa harus bisa memposisikan diri untuk tetap belajar daring secara efektif dan efisien. Berikut adalah beberapa tips untuk membuat pelatihan online efektif.

Ruang belajar daring sudah terkoneksi, tiba-tiba ada anggota keluarga yang mengganggu, menjadi salah satu penghambat belajar daring yang kurang efektif. Ciptakan suasana tenang dan nyaman pada ruangan di rumah. Hindari belajar online di tempat tidur karena membuat Anda mengantuk selama kegiatan belajar online. Jika Anda sudah membuat ruang kelas Anda nyaman, kegiatan belajar online Anda akan lebih efisien dan efektif.

Ini penting untuk Anda terapkan, terutama jika Anda belajar online sambil bekerja. Di sinilah manajemen waktu Anda akan berperan. Pilihlah waktu belajar yang bisa Anda ikuti tanpa mengganggu aktivitas lainnya. Jadwal belajar online yang Anda ikuti juga harus mendukung hal ini. Untuk itu, Anda bisa mengatur dan mencari jadwal pelajaran online yang fleksibel.

Nah, itu yang paling penting! Jaringan internet yang tidak lancar menghambat efektivitas pembelajaran daring. Oleh karena itu, sebelum Anda mulai belajar online, Anda perlu memastikan bahwa koneksi internet Anda bagus. Dengan begini, kamu bisa lebih fokus saat belajar online.

Komunikasi Interpersonal Dalam Penerapan Metode Pembelajaran Pada Masa Normal Baru Pandemi Covid 19 Pada Sekolah Dasar Di Kabupaten Biak Numfor

Jika koneksi internet Anda tidak stabil, kegiatan belajar online yang sedang berlangsung akan kurang efektif. Pastikan jaringan Wi-Fi di rumah Anda stabil, atau jika Anda menggunakan sinyal ponsel, pastikan kuota Anda cukup dan jaringannya bagus.

Sediakan air mineral dan snack untuk pembelajaran daring. siapkan makanan dan minuman agar Anda tetap fokus dan tidak bermalas-malasan saat tiba-tiba haus atau lapar. Usahakan siapkan air mineral dan buah-buahan, karena selama pandemi Anda perlu tetap sehat dengan buah-buahan dalam menu makanan Anda. Hindari cemilan yang tidak sehat, terutama yang mengandung MSG.

Ini dirancang untuk menilai sejauh mana pemahaman Anda, keterampilan baru apa yang dapat dipraktikkan dan hal-hal apa yang kurang. Setelah tahap evaluasi selesai, harap dicatat apakah Anda memerlukan sesi pelatihan online tambahan agar sesi pelatihan online yang Anda ikuti tidak sia-sia dan Anda tidak mendapatkan pengetahuan.

Cara Belajar Efektif Di Rumah Selama Pandemi

Kegiatan belajar online dan offline tentunya sangat berbeda. Revisi materi pembelajaran setelah selesai pembelajaran daring sangat diperlukan karena materi yang disampaikan pada saat pembelajaran daring sudah pasti sulit untuk dipahami. Oleh karena itu, setelah selesai, Anda harus meluangkan waktu untuk meninjau dan mempelajari sendiri materi belajar online tersebut.

Cara Belajar Efektif Selama Pandemi

Nah itulah tips yang bisa kamu lakukan saat belajar online agar lebih efisien dan efektif. Bagaimana sobat belajar online versi sobat, sudah efektif belum? Jika belum mencoba tips di atas, mari tetap fokus dan tenang.. Jakarta (22/9) – Selalu ada berkah di balik bencana. Sesulit apapun pandemi Covid-19 bagi guru di sekolah, ada juga kebaikannya. Salah satu berkah yang dirasakan di sekolah adalah tumbuhnya inovasi pembelajaran guru. Artikel ini hanya akan mengungkapkan beberapa inovasi yang diperkenalkan oleh banyak guru hebat di negeri ini.

Di antara inovasi tersebut adalah pembelajaran dengan menggunakan aplikasi berbasis LMS (Learning Management System) spesifik, penggunaan media sosial asinkron, blended learning, melibatkan orang tua siswa, menerapkan model pembelajaran yang inovatif, dan pembelajaran yang berpusat pada siswa. Tujuan penulisan adalah untuk mengumpulkan informasi awal untuk memfasilitasi pengembangan inovasi pendidikan berkelanjutan.

Artikel ini saya persembahkan kepada Anda dengan harapan dapat menjadi inspirasi bagi para guru, pengembang teknologi pembelajaran, dan pemangku kepentingan lainnya di bidang pendidikan.

Tantangan mengajar di masa pandemi menjadi peluang bagi guru untuk mengembangkan inovasi pengajaran di sekolah. Inovasi dapat diartikan sebagai pembaharuan atau sesuatu yang baru atau dianggap baru oleh seseorang atau sekelompok orang. Sesuatu yang baru dapat berupa ide, konsep, cara, metode, barang, alat, teknologi atau sesuatu yang baru yang menambah nilai atau manfaat bagi yang menggunakannya atau yang mengadopsinya.

Atasi Kesulitan Belajar Di Masa Pandemi Covid 19

Inovasi diterapkan oleh seseorang untuk memecahkan masalah secara efektif dan efisien. Di era pandemi, sekolah menghadapi masalah tidak bisa melakukan pembelajaran tatap muka seperti biasa, siswa belajar dari rumah (BDR). Bagaimana agar operasional BDR berjalan efisien membutuhkan inovasi. Guru perlu mengembangkan kreativitas dalam menciptakan suasana belajar mengajar agar BDR menjadi pembelajaran yang efektif dan menyenangkan.

Tidak mudah mengelola kelas ketika guru dan siswa berada di tempat yang terpisah. Meskipun berbagai teori pembelajaran dan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) memungkinkan pembelajaran online. Namun, dalam praktiknya banyak hal yang perlu disesuaikan. Keberhasilan pembelajaran BDR sekurang-kurangnya bergantung pada beberapa faktor, terdiri dari guru itu sendiri, siswa, orang tua, perangkat TIK, jaringan, dan lain-lain.

Guru memiliki peran yang sangat penting dalam mengajar. Meskipun semua perangkat dan jaringan teknologi tersedia, namun jika guru gagal menciptakan suasana belajar yang baik, maka BDR akan gagal. Dukungan orang tua siswa juga sangat penting. Kerja sama antara guru dan orang tua sangat diperlukan, terutama bagi siswa sekolah dasar, taman kanak-kanak, dan prasekolah.

Cara Belajar Efektif Di Rumah Selama Pandemi

Inovasi berasal dari kreativitas. Kreativitas adalah kemampuan memikirkan alternatif gagasan baru yang bermanfaat. Kreatif adalah kualitas yang selalu mencari hal-hal baru, sedangkan inovatif adalah kualitas yang mengimplementasikan solusi kreatif. Menjadi kreatif tapi tidak inovatif itu mubazir (Rusli, 2017).

Cara Efektif Belajar Selama Pandemi Atau Sekolah Di Rumah

Pakar Beatty (2018).

Cara belajar di rumah yang efektif, kita selama belajar dari rumah ketika pandemi adalah, cara belajar efektif di rumah, belajar efektif di rumah, belajar di rumah selama pandemi, peraturan menginap di hotel selama pandemi, cara menjaga kesehatan selama pandemi, cara belajar selama pandemi, belajar dari rumah selama pandemi, cara mengatasi stress selama pandemi, cara belajar efektif selama pandemi, tips belajar online yang efektif dan efisien di masa pandemi

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

    LAINNYA