Agar Bisa Membaca Alquran Kita Belajar Ilmu

8 minutes reading
Wednesday, 15 Feb 2023 00:14 0 250 setiawan

Agar Bisa Membaca Alquran Kita Belajar Ilmu – Sebagai seorang Muslim, membaca Al-Qur’an harus menjadi rutinitas yang tak terlupakan. Banyak pelajaran yang kita dapat dari membaca Al Quran. Hadits Nabi Muhammad SAW menyatakan bahwa setiap huruf ada sepuluh pahala yang baik, mengingat kita bisa menuai banyak pahala yang melimpah.

Allah juga berfirman dalam Surat Al-Isra ayat 82 bahwa Al-Qur’an diturunkan untuk pengobatan segala macam penyakit jiwa. Artinya, selain mendapatkan pahala, kita juga bisa mendapatkan ketenangan jiwa dengan membaca Al Quran. Dan yang terpenting adalah dengan membaca Al Quran kita akan mendapatkan syafaat di hari kiamat.

Agar Bisa Membaca Alquran Kita Belajar Ilmu

Agar Bisa Membaca Alquran Kita Belajar Ilmu

Selanjutnya, Allah telah menjelaskan dalam Surat Fatir ayat 29-30 yang merupakan salah satu ayat Alquran tentang membaca Alquran. Surat tersebut menyatakan bahwa membaca Al-Qur’an adalah bisnis yang tidak pernah rugi.

Cara Cepat Menghafal Al Quran Agar Tidak Mudah Lupa Dari Ustaz Adi Hidayat

Namun, menerapkan kebiasaan membaca Al-Qur’an tidak semudah yang dibayangkan. Terutama untuk si kecil. Tapi itu tidak berarti Anda tidak bisa. Sebagai orang tua, tentunya menjadi kebanggaan tersendiri melihat anak Anda tumbuh dengan nilai-nilai Al Quran. Oleh karena itu salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan mengenalkan cara membaca Al-Qur’an sedini mungkin.

Meski terkadang butuh kesabaran ekstra saat mengajari anak membaca Al-Qur’an, namun jika rajin bukan tidak mungkin kebiasaan baik tersebut akan terbawa hingga dewasa. Nah, agar lebih efektif, Anda bisa menggunakan 7 cara berikut saat mengajari anak membaca Al Quran.

Keinginan untuk mengarahkan anak terkadang dapat menimbulkan sikap memaksa tanpa disadari oleh orang tua. Tidak jarang instruksi orang tua dilampaui sebagai obsesi dengan dalih ingin memberikan yang terbaik untuk sang anak. Akhirnya, alih-alih menurut, mereka merasa tidak nyaman ketika Anda memaksa si kecil untuk ada, meskipun sebenarnya yang Anda paksakan adalah sesuatu yang baik untuk mereka.

Jadi, saat Anda mengajari anak membaca Al Quran, hindari paksaan. Berikan saja si kecil insentif agar keinginan belajar membaca Al-Qur’an terwujud. Kesadaran yang muncul secara alami tentu akan memudahkan anak Anda untuk bekerja sama.

Metode Follow The Line, Cara Tepat Belajar Baca Tulis Al Quran

Meniru adalah keterampilan yang dimiliki setiap anak. Seberapa cepat dia akan melacak dari perilaku hingga kata-kata Anda. Jadi akan lebih bermanfaat bila Anda menggunakan keterampilan ini untuk mengajarinya membaca Alquran.

Sebagai langkah pertama, Anda harus memberi contoh kepada anak-anak Anda. Tunjukkan pada anak Anda bahwa Anda tidak hanya memerintah tetapi juga membaca Alquran. Dengan cara ini, si kecil akan meniru dirinya sendiri. Pemberian contoh seperti itu bisa menjadi awal pembelajaran membaca Al-Qur’an dengan benar.

Seiring perkembangan anak Anda, terutama ketika ia mencapai usia sekolah, ia akan meminta penjelasan untuk setiap tindakan yang Anda sarankan. Jadi, jelaskan kepada anak Anda mengapa Anda harus membaca Al-Qur’an dan mengamalkan nilai-nilai Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.

Agar Bisa Membaca Alquran Kita Belajar Ilmu

Gunakan kalimat-kalimat sederhana sebisa mungkin namun tetap masuk akal secara logika agar anak dapat mencerna penjelasan Anda dengan baik. Pemahaman yang muncul tentang kebutuhan akan ibadah akan membentuk kecintaan diri mereka terhadap kitab suci. Jika anak Anda memiliki pendapat saat memberikan penjelasan, hargai itu. Karena pada dasarnya, sama berharganya dengan Anda, begitu juga mereka.

Apa Saja 14 Keutamaan Membaca Alquran

Layaknya orang dewasa yang mudah bosan dengan rutinitas yang sama, anak kecil pun bisa bosan saat proses belajar Al Quran. Situasi seperti ini menuntut orang tua untuk lebih kreatif dalam metode pembelajaran mereka. Untuk mengalahkan rasa bosan si kecil, Anda bisa menciptakan lingkungan yang menyenangkan dengan memberikan aktivitas distraksi saat si kecil mulai bosan.

Anda bisa memintanya menyanyikan sepuluh malaikat Allah atau mempelajari nama para nabi. Metode lain yang bisa Anda terapkan adalah dengan menceritakan kisah-kisah dari orang-orang terdahulu yang ditemukan dalam Al-Qur’an. Ketika Anda mengemasnya dalam bentuk dongeng, secara tidak langsung anak Anda sedang belajar tentang nilai-nilai agama.

Jangan lupa tutup ceritanya dengan menyimpulkan dengan nilai-nilai positif yang bisa dipetik dan nilai-nilai negatif yang tidak boleh ditiru. Ajak anak Anda untuk berinteraksi agar ia tidak hanya mendengarkan tetapi juga memiliki pendapatnya sendiri. Respons si kecil merupakan tanda bahwa ia mendengar dan memahami apa yang Anda katakan.

Cara lain yang bisa Anda terapkan adalah dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi. Jika anak Anda suka bermain gadget, manfaatkan gadget untuk meningkatkan minatnya membaca Al Quran. Untuk anak yang masih pemula bisa menggunakan iQro digital, sedangkan untuk anak yang sudah menginjak tahap Quran bisa download aplikasi Digital Quran. Dengan cara ini membaca Quran online bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk anak-anak Anda.

Bolehkah Belajar Mengaji Sendiri? Ini Dalilnya

Sebagai tahap pemula, cara cepat membaca Al Quran adalah dengan mengajak anak belajar yang mudah terlebih dahulu. Keberhasilannya dalam menyelesaikan tugas dengan baik dan tepat akan memotivasi anak Anda untuk melanjutkan ke langkah selanjutnya.

Seperti halnya mengatasi kebosanan anak Anda saat belajar membaca Al-Qur’an, Anda juga perlu menciptakan terobosan-terobosan kreatif agar anak Anda siap membaca Al-Qur’an secara terus menerus, meski hanya dalam waktu singkat. Dengan konsistensi tersebut, membaca Al Quran akan menjadi kebiasaan bagi si kecil.

Memuji anak akan membuatnya merasa dihargai. Jadi jangan ragu untuk mengapresiasi anak setelah mengaji. Ini bisa dilakukan dengan memujinya. Tidak perlu rewel, bisa dibilang percepatan pertumbuhannya sudah ada.

Agar Bisa Membaca Alquran Kita Belajar Ilmu

Atau beri tahu mereka betapa bahagianya Anda saat mendengarnya. Terlihat sederhana namun tidak semua orang bisa melakukannya. Namun, memberikan pujian dan hadiah bisa memberikan efek positif bagi anak Anda.

Bid’ah Dalam Membaca Al Quran

Jika ketujuh metode di atas sudah Anda terapkan saat mengajari anak kecil Anda membaca Al-Qur’an, langkah selanjutnya adalah bersabar. Ya, selain gigih, Anda harus bersabar saat mengajar anak Anda. Karena tidak perlu kebiasaan baik berkembang dalam beberapa hari.

Oleh karena itu, sebagai orang tua yang menginginkan hasil yang terbaik bagi anaknya dalam belajar membaca Al-Qur’an, ajarilah mereka dengan sabar. Membuat kesalahan saat belajar adalah hal yang wajar, jadi perbaiki dan bimbing mereka dengan sabar. Apalagi ketika anak Anda mengajukan pertanyaan yang merupakan hasil dari rasa ingin tahunya. Jawab mereka dengan sabar dan usahakan sebisa mungkin untuk tidak mengabaikan pertanyaan mereka. Dengan begitu, semangat mereka untuk terus belajar Al-Qur’an akan terjaga.

Meski kebiasaan baik ditanamkan sejak dini, lingkungan juga merupakan faktor penting. Jika anak Anda berada di lingkungan pertemanan yang positif, lingkungan yang bernafaskan Islam, tentu belajar membaca Al Quran akan terasa lebih mudah.

Namun, ketika lingkungan anak Anda tidak mendukung, akan sulit mencapai konsistensi dengan amal shalih seperti mengaji. Bahkan jika Anda mengajarinya setiap hari di rumah. Dan salah satu faktor penting dalam lingkungan adalah sekolah tempat anak Anda belajar.

Pembinaan Al Quran

Di zaman modern seperti sekarang ini, tidak hanya ilmu di bidang akademik saja yang harus dikembangkan. Putra-putri Anda berhak mendapatkan ilmu agama sebagai pedoman dalam menjalani kehidupan. Sebagai jawaban atas kebutuhan tersebut, Sekolah Prestaci Global hadir untuk menciptakan perpaduan antara wawasan dan agama dalam keseharian anak-anak Anda.

Di bawah naungan Yayasan Planet Sendikia, Sekolah Prestaci Global memiliki tiga tingkatan. yaitu kelompok belajar untuk anak usia 3-4 tahun, TK untuk anak usia 5-6 tahun dan sekolah dasar untuk anak usia 6-7 tahun. Dengan mengantongi standar nasional, Sekolah Prestaci Global tidak hanya mengutamakan aspek keilmuan, tetapi juga memadukannya dengan etika dan prestasi.

Dengan tahapan-tahapan pengajaran sejak dini melalui jenjang Sekolah Prestasi Global, ilmu yang diperoleh anak Anda pasti akan semakin tertanam dalam ingatannya. Terlebih lagi jika Anda memadukannya dengan sistem belajar dari rumah.

Agar Bisa Membaca Alquran Kita Belajar Ilmu

Tidak hanya itu, Sekolah Prestasi Global memupuk jiwa kewirausahaan para siswanya sedini mungkin. Tujuannya agar kelak mahasiswa memiliki keterampilan dan tidak canggung saat berkarir dan berhubungan langsung dengan dunia nyata. Komitmen Sekolah Prestasi Global untuk mencetak siswa yang berakhlak tanpa melupakan kemajuan teknologi, menciptakan lingkungan positif yang bernafaskan Islami bagi putra-putri Anda untuk tumbuh dan berkembang.

Kanwil Kemenag Kalsel

Selain itu, ada pembiasaan membaca Al Quran dengan baik dan benar yang diterapkan di Global Prestasy School. Hal ini akan sejalan dengan upaya Anda untuk menanamkan kebiasaan membaca Al Quran kepada si kecil secara terus menerus. Bahkan Sekolah Prestasi Global tidak mewajibkan siswanya untuk menghafal Al Quran. Artinya, kebiasaan menghafal tumbuh secara alami tanpa ada tekanan.

Salah satu cara untuk mendorong siswa dalam menghafal Al-Qur’an adalah melalui kegiatan ekstrakurikuler keagamaan (tahfidz) yang dapat dipilih oleh siswa. Selain itu, ada banyak ekstrakurikuler juga yang memungkinkan pembentukan karakter siswa di Global Prestige School. Seperti Calistung yang wajib untuk siswa kelas 1, Pramuka, Klub Sains, Klub Seni, Klub Bahasa Inggris, Klub Olahraga dari Taekwondo hingga Renang dan juga Klub IT.

Itu tadi beberapa hal yang bisa Anda gunakan untuk mengajari si kecil membaca Al Quran. Luangkan waktu sejenak untuk langsung mengajar anak-anak Anda. Padahal lingkungan sekolah juga menjadi faktor penting, namun jika tidak menanamkan kebiasaan mengaji pada anak di rumah, akan sulit mewujudkan kebiasaan tersebut. Keselarasan antara kedua faktor penting ini akan memberikan efek positif bagi perkembangan anak. Jakarta Seorang muslim harus bisa membaca Al Quran dengan baik dan benar. Karena ketika kita berdoa kita harus membaca surat-surat kecil yang ada di Juz Amma. Belajar membaca Al Quran memang tidak mudah apalagi bagi orang dewasa yang sibuk dengan pekerjaannya sehingga tidak memiliki waktu untuk membaca Al Quran.

Sebaiknya belajar membaca Al-Qur’an sejak dini yaitu dimulai dengan membaca iqra dan mengenal huruf hijaiyah. Berikut cara membaca Alquran yang dirangkum dari berbagai sumber pada Rabu (23/1/2019)

Belajar Al Qur’an Metode Ummi Dengan Mudah, Menyenangkan Dan Menyentuh Hati

*Fakta atau Rumor? Mohon verifikasi kebenaran informasi yang beredar

Metode belajar membaca alquran, agar fasih dan benar membaca alquran kita harus belajar ilmu, cara cepat agar bisa membaca alquran, belajar membaca alquran online, aplikasi belajar membaca alquran, cara belajar membaca alquran biar cepat bisa, belajar membaca alquran, belajar membaca alquran pemula, cara belajar membaca alquran, belajar membaca alquran gratis, privat belajar membaca alquran, buku belajar membaca alquran

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

    LAINNYA