5 Cara Menjaga Kebersihan Tubuh Pada Masa Pubertas

9 minutes reading
Wednesday, 15 Feb 2023 15:44 0 250 setiawan

5 Cara Menjaga Kebersihan Tubuh Pada Masa Pubertas – Pada usia berapa Anda mengetahui tentang menstruasi? Dalam kasus saya, sejak saya kelas 4 SD, guru sekolah sudah membicarakan tentang menstruasi. Tema kali itu adalah pelajaran agama tentang Taharah atau kegiatan bersuci dari Hadas atau najis. Salah satunya adalah menstruasi.

Nah, disitulah saya belajar tentang apa itu haid, bagaimana cara menjaga kebersihan saat haid, cara membersihkan pembalut dan membuangnya, serta cara membersihkannya. Jadi saya tahu tentang haid bukan dari orang tua saya tapi dari guru saya.

5 Cara Menjaga Kebersihan Tubuh Pada Masa Pubertas

5 Cara Menjaga Kebersihan Tubuh Pada Masa Pubertas

Namun dari hasil polling yang saya lakukan di Twitter beberapa waktu lalu, sebagian besar mengatakan mengetahui menstruasi dari ibunya. Dan sisanya adalah anggota keluarga baru lainnya.

Pertanyaan Seputar Pubertas Yang Sering Muncul Dalam Benak Perempuan

Hasil survei baru ini sejalan dengan survei UNICEF tahun 2015, yang menemukan bahwa ibu, teman/saudara perempuan, dan guru di sekolah merupakan 3 sumber informasi teratas yang diharapkan oleh anak-anak. Hal ini diperkuat dengan hasil studi DITPSD pada tahun 2017 yang menyebutkan bahwa lebih dari 90% anak perempuan mempercayai orang tua dan guru sebagai sumber informasi.

Nah, sebagai ibu atau guru atau kakak, kita memang perlu membekali diri dengan pengetahuan tentang menstruasi dan menjaga kebersihan menstruasi. Sehingga ketika saatnya tiba, kita bisa menjadi sumber informasi terpercaya dan teman bicara yang menarik bagi anak. tapi bagaimana caranya?

Nah, beberapa waktu lalu saya mengikuti webinar “Sehat dan Bersih Saat Menstruasi” yang diselenggarakan oleh Mundipharma Indonesia bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan RI dan POGI (Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia). Webinar ini diselenggarakan dalam rangka Hari Kesehatan Menstruasi atau disebut Hari Kesehatan Menstruasi.

Mengapa Hari Kebersihan Menstruasi diadakan? Karena kesadaran wanita Indonesia akan pentingnya manajemen kesehatan menstruasi masih rendah lho.

Cara Mengenalkan Fase Menstruasi Pada Anak

Yah, itu tidak bisa dipungkiri. Contoh sederhana saja, beberapa kali saya melihat pembalut bekas dibuang begitu saja di tempat sampah atau toilet toilet umum. Ini kotor, bukan? Padahal, pembuangan pembalut yang benar adalah bagian dari manajemen kebersihan menstruasi, atau yang akan saya tulis nanti tentang MKM.

Hal pertama yang saya pelajari dari webinar ini adalah tentang menstruasi bersama profesor. dokter. dokter. Doiana Okuyanti, SpOG (K), MPH. Beliau adalah anggota pengurus Perhimpunan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI).

Menstruasi merupakan suatu keadaan yang wajar terjadi pada wanita dan merupakan salah satu kodrat wanita, yang tidak dilakukan oleh pria selain hamil, melahirkan dan menyusui. Menstruasi atau menstruasi terjadi ketika darah keluar dari vagina selama beberapa hari setiap bulannya.

5 Cara Menjaga Kebersihan Tubuh Pada Masa Pubertas

Nah, darah yang dikeluarkan itu sebenarnya adalah selaput rongga rahim yang sedang dipersiapkan sebagai tempat melekatnya sel telur yang telah dibuahi dan kemudian berkembang menjadi embrio. Namun bila tidak ada sel telur yang dibuahi, lapisan tersebut luruh dalam bentuk darah haid dan lendir.

Cara Menjaga Kesehatan Kewanitaan Saat Menstruasi

Siklus menstruasi normal biasanya berlangsung antara 21 dan 35 hari dan antara 3 dan 7 hari. Sedangkan rata-rata siklus haid umumnya 28 hari dengan durasi rata-rata 5 hari. Angka tersebut adalah 28 dan 5 yang kemudian menjadi simbol dan dinyatakan sebagai hari kebersihan haid, tanggal 28 bulan kelima.

Selama menstruasi, perempuan harus mempraktikkan manajemen kebersihan menstruasi atau MKM. Jika Anda mengabaikan kebersihan vagina saat menstruasi, maka dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Mulai dari resiko keputihan, vagina gatal, bau tak sedap dan infeksi vagina. infeksi saluran kelamin, infeksi saluran kemih, infeksi jamur dan peningkatan risiko kanker serviks.

Manajemen kesehatan menstruasi adalah waktu pada saat wanita mengalami menstruasi. Ini termasuk menggunakan pembalut bersih dan menggantinya sesering mungkin selama siklus menstruasi.

Mereka kemudian harus memiliki akses ke toilet mereka, dapat mengakses toilet, sabun dan air untuk membersihkan diri dengan nyaman dengan privasi.

Hal Positif Yang Dapat Dilakukan Remaja

Sayangnya, seperti yang saya sebutkan di atas, kesadaran perempuan Indonesia akan pentingnya MKM masih rendah. Dari data yang diberikan oleh Prof. Doyana, 1 dari 2 perempuan tidak tahu apa yang harus dilakukan saat pertama kali mengalami menstruasi.

Inilah yang saya alami sebelumnya. Padahal ilmu ini saya dapatkan dari kecil, tapi saat saya haid, saya bingung harus berbuat apa. Pembalut apa yang harus saya gunakan?Saya malu untuk membeli pembalut dan apa yang harus saya lakukan jika ditolak? Bagaimana cara membersihkan pembalut dan pakaian pria yang terkena noda pakaian pria, dll? Akhirnya saya panik sendiri.

Belum lagi “mengerti” di sekolah dan melupakannya lalu mengolok-olok teman. Jadi stresnya meningkat. Seperti data UNICEF tahun 2015, 1 dari 6 anak perempuan terpaksa bolos sekolah sehari atau lebih selama menstruasi. Alasan utamanya adalah takut dilecehkan jika darah haid tertumpah di rok sekolah.

5 Cara Menjaga Kebersihan Tubuh Pada Masa Pubertas

Oleh karena itu, sangat penting bagi ibu atau guru atau bibi/saudara perempuan untuk berbicara dengan anak perempuan (dan anak laki-laki) tentang menstruasi. Menurut Anna Surti Nina, S.Psi, M.D. dalam bidang psikologi, selain untuk mempersiapkan anak menghadapi menstruasi, ada beberapa manfaat lainnya, antara lain:

Belajar Cara Menjelaskan Menstruasi Kepada Anak

Soalnya kalau tidak dibicarakan akan berdampak buruk bagi anak. Antara lain dapat menimbulkan perasaan negatif seperti takut, cemas, malu dan marah terhadap masalah yang berkaitan dengan menstruasi. Hal ini juga dapat menyebabkan anak tidak siap menghadapi menstruasi dan salah memahami menstruasi.

Lalu bagaimana cara bicara menstruasi pada anak? Ibu Nina alias Presiden Ikatan Psikolog Klinis Indonesia (IPK) Wilayah Jakarta menyampaikan beberapa hal sebagai berikut:

Oleh karena itu, ibu harus membekali diri dengan pemahaman yang benar tentang menstruasi. Tentunya Anda juga harus bisa membedakan mana yang fakta dan mana yang mitos.

Dan Anda perlu membekali diri dengan cara berkomunikasi yang baik tentang menstruasi. Ibu Nina menyarankan ibu untuk membicarakan menstruasi dalam suasana tenang dan mengarahkan pembicaraan dalam bentuk tanya jawab atau diskusi agar anak tidak merasa didukung.

Apa Yang Dimaksud Dengan Pubertas Dan Cara Menjaga Kesehatan Tubuh

Menstruasi tidak bisa dibicarakan dalam satu pertemuan saja. Jadi harus lagi dan lagi. Itu dimulai ketika anak menunjukkan tanda-tanda pubertas pertama atau lebih awal. Dan sesuaikan percakapan dengan usia anak.

Masalah yang berkaitan dengan pubertas, termasuk menstruasi, dapat menjadi masalah yang sensitif bagi remaja. Jadi kalau misalnya anak menunjukkan tanda-tanda emosi negatif, kita harus bersikap positif, bukan marah.

Jika berbicara tentang menstruasi, sebaiknya ibu banyak bertanya dan mendengarkan jawaban anak. Ini jauh lebih baik daripada banyak ceramah atau nasihat. Misalnya, “Apakah salah satu teman Anda sedang menstruasi?” Apa yang mereka katakan padamu?”

5 Cara Menjaga Kebersihan Tubuh Pada Masa Pubertas

Para ibu juga dapat membagikan pengalaman pribadi mereka tentang menstruasi dengan cara yang positif. Jadi, jika Anda ditanyai pertanyaan yang Anda tidak tahu jawabannya, misalnya, Anda tidak perlu panik, mintalah waktu untuk berpikir dan mencari informasi sebelum menjawab.

Pentingnya Edukasi Menstruasi Pada Anak Sejak Dini

Jika memungkinkan, jangan gunakan kalimat kasar atau kata kiasan. Untuk menjelaskan proses fisiologis menstruasi sebaiknya menggunakan gambar, misalnya anatomi tubuh yang sederhana. Anda juga bisa mengajak anak bermain

Kemudian tunjukkan pembalut dan cara menggunakannya. Ajarkan juga cara membuang pembalut dengan benar. Anda sudah tahu, kan? Jika Anda belum melakukannya, lihat infografis profesor. Doyana.

Anak laki-laki juga harus tahu tentang menstruasi untuk lebih menghargai dan memahami wanita. Apalagi jika mereka tahu, mereka diharapkan untuk membantu gadis-gadis yang sedang menstruasi daripada mengejek atau mempermalukan mereka.

Ingat video TikTok yang viral tentang kebaikan seorang remaja laki-laki yang meminjam jaketnya untuk menutupi rok temannya dengan noda darah menstruasi? Itu

Manfaat Menjaga Kebersihan Organ Reproduksi

Nah, setelah membaca 7 tips ini, sebenarnya tidak sulit untuk membicarakan menstruasi bukan? Saya memiliki pengalaman membicarakan hal ini dengan gadis-gadis yang mengalami menstruasi setahun yang lalu. Tentu saja dengan keterbatasan saya.

Dan benar kata Ambak Nina, pembicaraan ini tidak bisa hanya satu kali. Sampai sekarang pun saya masih suka mengingatkan cara membersihkan dan membuang pembalut. Juga, bicarakan tentang pentingnya kebersihan vagina, terutama saat menstruasi. Salah satu caranya adalah dengan memilih pembersih vagina jika diperlukan.

Cara terbaik membersihkan vagina sebenarnya adalah dengan membasuhnya dengan air bersih yang mengalir. Tapi kebanyakan wanita juga menggunakan body wash. Meski pH sabun belum tentu sesuai dengan kondisi vagina, hal ini bisa merusak pelindung alami vagina.

5 Cara Menjaga Kebersihan Tubuh Pada Masa Pubertas

Jika diperlukan, kami dapat menyediakan pembersih vagina yang aman seperti Betadine Feminine Wash. Mengapa mencuci wanita betadin? Karena betadine memiliki varietas yang lengkap untuk berbagai kondisi. Ada bentuk busa dan cair untuk digunakan di rumah. dan tisu basah yang cocok untuk dibawa bepergian.

Begini Cara Mengatasi Masalah Kulit Pada Usia Puber

Jika menggunakan Betadine Feminin Wash, dapat digunakan setiap hari untuk menjaga kebersihan vagina. Oleh karena itu, Betadine Feminine Hygiene dapat digunakan saat menstruasi. Jenis ini mengandung antiseptik PVPI 10% dan dapat mengobati gejala infeksi pada daerah kewanitaan seperti keputihan, gatal pada vagina, iritasi ringan dan bau vagina.

Ada juga betadine vaginal douche, antiseptik yang digunakan jika Anda mengalami infeksi vagina, setelah berkonsultasi dengan dokter. itu lengkap.

Selain itu, Betadine Feminin Wash memiliki pH seimbang yang sesuai dengan kondisi vagina dan mengandung prebiotik. Untuk produk biasanya saya beli di mini market dan supermarket. Atau bisa belanja online di official store Shopee dan Tokopedia.

Semoga setelah membaca artikel panjang ini, ada beberapa manfaat yang bisa kita manfaatkan. Paling tidak, edukasi diri Anda dan keluarga tentang manajemen kebersihan menstruasi. Hargai jika Anda membagikannya kepada teman-teman yang membutuhkan ilmunya. Agar wanita Indonesia sehat dan bersih saat haid.

Tuliskan Cara Cara Untuk Menyikapi Pubertas Dengan Benar

Seorang blogger gaya hidup yang suka berbagi ulasan produk, cerita harian, pengalaman mengasuh anak, dan banyak lagi. Ia juga suka menulis review tentang buku dan produk perawatan kulit di blog alfakurnia.com

Blog pribadi tentang kisah sehari-hari seorang ibu dua anak asal Indonesia yang tinggal di Brunei Darussalam dan mengulas produk atau layanan untuk keluarga. Keberagaman Olahraga Pidana nasional | Periklanan BERITA IKN | Jalan 2024

Ketika siswa menginjak usia remaja, mereka akan mengalami transformasi biologis. Guru dan orang tua harus berperan dalam memberikan bantuan kepada siswa atau anak-anak mereka sehubungan dengan situasi ini.

5 Cara Menjaga Kebersihan Tubuh Pada Masa Pubertas

BONTANG – Bontang Selatan 009 Guru SD Erna dan Herdi menyadari bahwa siswanya membutuhkan bantuan untuk memahami tahapan tumbuh kembang dengan baik. Dengan cara ini, siswa dapat

Hari Kebersihan Menstruasi: Tips Bicara Menstruasi Pada Anak

5 cara menjaga kebersihan tubuh pada masa pubertas, jelaskan cara menjaga kebersihan tubuh saat pubertas, cara menjaga kebersihan tubuh saat masa pubertas, tiga cara menjaga kesehatan tubuh pada masa pubertas, cara menjaga kebersihan tubuh dalam masa pubertas yaitu, cara menjaga kebersihan diri di masa pubertas, jelaskan cara menjaga kebersihan tubuh saat masa pubertas, cara menjaga kesehatan tubuh pada masa pubertas, cara menjaga kebersihan tubuh pada masa pubertas adalah, berikut merupakan cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kebersihan tubuh saat masa pubertas yaitu, cara menjaga kebersihan tubuh dalam masa pubertas, cara menjaga kebersihan tubuh saat pubertas

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

    LAINNYA