Yang Tidak Boleh Dilakukan Setelah Operasi Caesar

9 minutes reading
Monday, 13 Feb 2023 09:39 0 235 setiawan

Yang Tidak Boleh Dilakukan Setelah Operasi Caesar – Selain normal, Anda juga bisa melahirkan melalui operasi caesar. Namun biasanya tindakan ini dilakukan atas anjuran dokter karena ibu hamil atau janinnya memiliki indikasi medis tertentu sehingga tidak dapat melahirkan secara normal.

Pemulihan dari operasi caesar biasanya membutuhkan waktu lebih lama daripada persalinan pervaginam. Ya, operasi caesar adalah operasi besar, sehingga proses pemulihannya membutuhkan waktu.

Yang Tidak Boleh Dilakukan Setelah Operasi Caesar

Yang Tidak Boleh Dilakukan Setelah Operasi Caesar

Meski meninggalkan rasa sakit setelahnya, dokter biasanya akan memberikan pereda nyeri. Selain itu, dokter biasanya menganjurkan Anda melakukan aktivitas yang berbeda untuk mempercepat penyembuhan luka.

Benarkah Operasi Caesar Tidak Boleh Lebih Dari 3 Kali? Mamypoko Indonesia

Dokter Kandungan, dr. Darrell Fernando, SpOG dalam unggahan Insta Story-nya. Dokter yang praktek di RS Lubuk Basung Sumatera Barat ini merekomendasikan:

Moms, mungkin pernah mendengar bahwa operasi caesar paling baik dihabiskan dengan istirahat setelah melahirkan. Tapi pernyataan ini salah, Dr Darrell mengatakan bahwa Anda bisa berjalan setelah 24 jam setelah operasi.

Ya Moms, setelah operasi caesar, perlahan-lahan Anda harus belajar bergerak dari miring, duduk, hingga berjalan. Jangan ragu untuk bergerak, karena dapat memperlambat pergerakan usus dan menyebabkan kembung atau nyeri yang bertambah.

Ada mitos yang mengatakan bahwa setelah melahirkan melalui operasi caesar, ibu tidak boleh makan daging dan telur. Sebenarnya ini tidak benar. Sebenarnya Anda diperbolehkan makan dan minum apa saja dan tidak ada pantangan apapun. Makan telur bisa menyembuhkan luka lebih cepat.

Mungkinkah Melahirkan Normal Jika Pernah Operasi Caesar? • Hello Sehat

Ada mitos yang mengatakan bahwa ibu yang pernah menjalani operasi caesar tidak boleh keramas. Pasalnya, pori-pori terbuka sehingga saat mandi atau keramas, Anda bisa masuk angin.

Namun pada kenyataannya ini tidak benar. Setelah Anda menjalani operasi caesar, apakah Anda diperbolehkan mandi dan mencuci rambut. Tapi, harus tanya ke bidan dulu, kapan boleh mandi atau keramas. Biasanya pada hari ketiga setelah operasi caesar, dokter akan mengganti perban untuk menutupi luka dengan perban tahan air. Saat itu, dokter biasanya mengizinkan Anda untuk mandi.

Namun, kondisi setiap orang berbeda. Karena itu, lebih baik menunggu ‘lampu hijau’ dari dokter, ketika dia mengizinkan Anda untuk mandi setelah operasi caesar.

Yang Tidak Boleh Dilakukan Setelah Operasi Caesar

“Kebersihan diri harus dijaga! Setelah melahirkan normal atau caesar, Anda harus mandi dan keramas,” kata Dr Darrell.

Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan

Selain itu, Anda juga harus menjaga agar luka operasi tetap kering. Dokter biasanya akan menutupi luka dengan plester anti air.

Dr Darrell juga mengingatkan untuk tidak memberikan ramuan atau jamu pasca operasi. Anda hanya perlu menjaga luka tetap kering dan bersih.

Hal berikutnya yang perlu Anda patuhi setelah operasi caesar adalah belajar menyusui dan sering berhubungan dengan bayi. Anda bisa memegangnya, mengelusnya dengan lembut, dan memberinya makan hingga si kecil merasa kenyang, Moms.

Namun jika kondisi medis bayi Anda mengharuskan Anda untuk dirawat terpisah dari Anda, Anda dapat memanfaatkannya dengan memompa ASI kemudian memberikannya kepada bayi Anda sendiri atau menyusuinya di ruang perawatan.

Benarkah Tidak Boleh Tidur Setelah Operasi Caesar?

Sebagai cara untuk mengurangi rasa sakit, Anda bisa memakai gurita atau korset. Hanya saja sebaiknya jangan mengikatnya terlalu kencang dan jangan lupa untuk mencucinya setiap hari agar tetap bersih. Tanyakan kepada dokter atau bidan di rumah sakit bagaimana cara menggunakan korset dengan aman setelah melahirkan.

Yang jelas, sebelum menggunakan korset atau gurita, ada baiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Setiap ibu memiliki kondisi yang berbeda setelah melahirkan, jadi tidak ada salahnya untuk bertanya kepada tenaga medis sebelum menggunakan korset ya Moms.

Dr. Darrell juga mengatakan, baik Anda melahirkan secara normal atau melalui operasi caesar, sebaiknya berikan waktu 1,5 hingga 2 tahun jika ingin hamil anak lagi. Tujuannya agar tumbuh kembang kakak atau adik menjadi optimal dan penyembuhan luka setelah melahirkan benar-benar baik.Agar cepat sembuh, sebaiknya perhatikan gaya hidup yang akan dijalani. Salah satu caranya adalah dengan memperhatikan pola makan sehari-hari. Hanya karena Anda sedang menyusui bukan berarti Anda bisa makan sesuka Anda.

Yang Tidak Boleh Dilakukan Setelah Operasi Caesar

Tetap perhatikan asupan nutrisi pada makanan dan minuman yang dikonsumsi. Selain membantu meningkatkan produksi air susu ibu (ASI), pola makan yang tepat juga dapat mempercepat proses pemulihan pasca operasi.

Review Buku Operasi Caesar Pengantar Dari A Sampai Z

Makanan yang digoreng merupakan salah satu jenis makanan yang harus dihindari setelah operasi caesar. Pasalnya, makanan tersebut umumnya sulit dicerna, terutama di hari-hari pertama setelah operasi. Mengonsumsi gorengan secara berlebihan dapat menyebabkan gangguan pencernaan, rasa panas di tenggorokan, dan kembung.

Selain itu, jika Anda makan gorengan yang dibeli di pinggir jalan, minyak goreng bekas mungkin tidak dalam kondisi baik.

Efeknya justru bisa membahayakan kesehatan tubuh dan memperlambat proses pemulihan Mama. Ganti menu gorengan dengan menu makanan gosong, kukus atau rebus.

Jika Anda mengonsumsi makanan manis dengan gula berlebih, ada risiko kadar gula darah Anda akan naik. Jika dilakukan secara terus menerus dapat mengganggu proses penyembuhan luka.

Ketahui Bun, 6 Jenis Pantangan Makanan Setelah Operasi Caesar Yang Sepatutnya Dihindari

Sebaiknya Mama membatasi asupan gula, termasuk konsumsi nasi putih. Makanlah dalam jumlah yang cukup, tidak berlebihan. Bunda juga bisa memilih jenis karbohidrat lain yang lebih sehat seperti kentang dan beras merah.

Kalau kamu punya hobi makan makanan pedas, sebaiknya hentikan dulu kebiasaan ini ya. Makan terlalu banyak makanan pedas bisa membuat perut Anda sakit dan menyebabkan kembung.

Bukan tidak mungkin ibu juga terkena diare. Akibatnya, Mama harus lebih sering ke toilet dan banyak mengejan. Sedangkan pada masa pemulihan pasca operasi, hal ini sebaiknya dihindari terlebih dahulu karena dapat membuat pemulihan luka menjadi lebih lama.

Yang Tidak Boleh Dilakukan Setelah Operasi Caesar

Makanan pedas yang Anda konsumsi juga dapat memengaruhi bayi yang Anda susui. Anak-anak dengan kepekaan tinggi terhadap makanan pedas juga bisa mengalami kembung dan diare.

Makanan Yang Tidak Boleh Dimakan Setelah Operasi Caesar

Salah satunya adalah sayuran yang dapat merangsang peningkatan produksi gas dalam tubuh. Misalnya seperti kembang kol, brokoli, dan kubis.

Sayuran jenis ini dapat meningkatkan produksi gas yang menyebabkannya berdampak pada rasa tidak nyaman pada perut dan nyeri pada area bekas operasi.

Setelah menjalani operasi caesar dan memasuki masa menyusui, sebaiknya Mama lebih memperhatikan gaya hidup sehari-hari agar tidak mudah sakit. Karena saat ini konsumsi obat harus dihindari.

Oleh karena itu perhatikan komposisi dan kandungan makanan dan minuman yang dikonsumsi. Hindari jenis makanan dan minuman yang dapat memicu penyakit seperti batuk atau pilek.

Mengetahui 3 Keuntungan Operasi Caesar Metode Eracs Seperti Yang Dijalani Nagita Slavina

Misalnya makanan dan minuman dingin dengan pemanis buatan, pewarna buatan dan pengawet. Sebaiknya ganti dengan jenis cemilan alami seperti buah-buahan ya, Ma.

Minuman berkafein berlebihan, seperti kopi dan teh, sebaiknya tidak dikonsumsi setelah operasi caesar. Ini karena minuman tersebut memiliki sifat diuretik yang mungkin membuat Anda ingin buang air kecil terus-menerus.

Bayi dengan sensitivitas kafein juga bisa mengalami gangguan pencernaan jika Mama mengonsumsi kafein saat menyusui. Pastikan Anda selalu melihat reaksi anak setelah minum kopi atau teh.

Yang Tidak Boleh Dilakukan Setelah Operasi Caesar

Selain kafein, Anda juga harus menghindari minuman beralkohol karena dapat mengganggu produksi ASI dan menyebabkan gangguan kesehatan pada si Kecil.

Prosedur Operasi Caesar / Bedah Sesar

Jenis makanan yang mendorong sembelit juga sebaiknya dihindari, Ma. Hal ini karena jika Anda mengalami sembelit, efeknya bisa membuat perut Anda terasa tidak nyaman dan mengganggu bekas operasi juga.

Apalagi jika harus mengejan saat buang air besar. Kondisi ini juga bisa membuat bekas luka Ibu lama kelamaan terasa nyeri.

Sebaiknya pilihlah makanan yang tinggi serat dan mengandung cukup air untuk menjaga proses pemulihan tubuh pasca operasi caesar ya Mom!

Kehamilan merupakan salah satu momen yang ditunggu-tunggu oleh para ibu dan ayah yang sudah merencanakan kehamilan. Jadi, apakah Anda tahu cara … Baca

Bolehkah Ibu Hamil Melahirkan Normal Setelah Operasi Caesar?

Bunda sedang hamil dan mempersiapkan dana untuk melahirkan dan bagaimana menyiasatinya? Jadi kali ini, mari kita berbagi dengan Mammin… Bacalah

Hai Ma, siapakah Bunda yang sedang merencanakan kehamilan atau sedang hamil ini? Semoga Ibu dan calon buah hati selalu sehat…Baca

Manfaat Buah Duku untuk Kesehatan Ibu Menyusui Buah duku merupakan sumber vitamin dan mineral esensial yang sangat baik lho.

Yang Tidak Boleh Dilakukan Setelah Operasi Caesar

Tuai Kritik, 5 Pasangan Artis Ini Dianggap Terlalu Mesra Padahal Sudah Sah Suami Istri

Konsumsi 8 Makanan Ini Dapat Memulihkan Energi Pasca Melahirkan Sesar

Senang! Dita Fakhrana Melahirkan Anak Pertama Secara Caesar Dita Fakhrana dan Rino Yosiaki dikaruniai anak pertama yang lahir pada 12 Februari 2023

5 Manfaat Teh Peppermint untuk Kesehatan Mama Pasca Persalinan Teh peppermint menjadi pilihan tepat untuk menenangkan perut, lho!

10 Rekomendasi Salep Luka Cesar yang Aman dan Terjangkau Bisa Digunakan untuk Mencegah Tumbuhnya Keloid Pada Bekas Luka Cesar

10 Pemain di Surga Di Bawah Langit, Reza Rahardian Ada! Siap tayang 30 Maret 2023 di bioskop kesayanganmu

Hal Yang Harus Dilakukan Setelah Melahirkan Lewat Operasi Caesar

Rekomendasi dan Manfaat Vitamin B6 untuk Ibu Menyusui Vitamin B6 juga mengandung piridoksin yang membantu meningkatkan perkembangan otak dan sumsum tulang.

5 Cara Menghindari Perkecambahan ASI dan Menyusui, Moms perlu waspada yang bisa mengganggu aktivitas Moms, yuk atasi 5 cara ini

7 Tanda AKDR Melepas dari Rahim, Hati-hati, Bunda! Translokasi AKDR dapat menyebabkan infeksi rahim, perhatikan gejalanya Ma

Yang Tidak Boleh Dilakukan Setelah Operasi Caesar

Jennifer Bachdim Melahirkan Anak Keempatnya Cepat, Hanya 1 Jam! Cukup mengejutkan, prosesnya yang cepat membuat Jennifer Bachdim bersyukur

Bolehkah Konsumsi Makanan Pedas Usai Operasi Caesar?

7 Tips Lancar Menyusui Setelah Melahirkan, Cukupi Nutrisi Agar ASI Lancar Setelah Melahirkan, Yuk Simak Tips Berikut Ini, Ma

Pakar akan berkonsultasi dan menjawab pertanyaan secara gratis. Jadi, pastikan kamu punya akun untuk mulai bertanya, ya! Setelah operasi caesar, ada beberapa pantangan yang harus dihindari. Cari tahu apa yang tidak boleh dilakukan setelah operasi caesar di sini.

Peningkatan ini diikuti dengan sejumlah keluhan pasca operasi, seperti nyeri dan komplikasi yang dapat membahayakan kesehatan ibu.

Agar tidak menimbulkan komplikasi, penting bagi ibu untuk mengetahui hal-hal apa saja yang tidak boleh dilakukan pasca operasi caesar.

Tahapan Pemulihan Setelah Operasi Caesar

Jika harus mengangkat barang, Anda hanya boleh mengangkat barang yang setara dengan berat bayi baru lahir (sekitar 2,5-3,5 kilogram). Sebisa mungkin jangan mengambil barang yang beratnya lebih dari itu.

Mengangkat benda berat segera setelah operasi caesar dapat memicu nyeri pada area luka operasi. Kemudian, luka bekas jahitan operasi juga bisa berisiko terbuka kembali.

Selain itu, mengangkat benda berat setelah operasi caesar dapat menyebabkan hernia pada area bekas operasi sebelumnya

Yang Tidak Boleh Dilakukan Setelah Operasi Caesar

Yang tidak boleh dilakukan pasca operasi caesar, yang dilakukan setelah operasi caesar, makanan yang tidak boleh dimakan setelah operasi caesar, yang harus dilakukan setelah operasi caesar, cemilan yang boleh dimakan setelah operasi caesar, yang tidak boleh dimakan setelah operasi caesar, yang tidak boleh dilakukan setelah caesar, ikan yang boleh dimakan setelah operasi caesar, makanan yang tidak boleh dikonsumsi setelah operasi caesar, ikan yang tidak boleh dimakan setelah operasi caesar, sayuran yang boleh dimakan setelah operasi caesar, makanan yang boleh dimakan setelah operasi caesar

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

    LAINNYA