Ternak Ayam Petelur Arab

8 minutes reading
Saturday, 7 Jan 2023 10:44 0 267 setiawan

Ternak Ayam Petelur Arab – Telur ayam lokal memiliki segmentasi pasar tersendiri, sehingga harganya cukup stabil dibandingkan dengan telur ayam ras. Ayam arab secara genetik tergolong sebagai ayam lokal unggul. Ayam arab memiliki kapasitas produksi telur yang tinggi, sekitar 250-260 butir per tahun dengan berat rata-rata 40-45 gram per butir. Selain produksi telur yang tinggi, ayam arab juga lebih tahan penyakit dibanding ayam kampung. Hal ini menyebabkan sebagian masyarakat menggunakan ayam arab sebagai ayam petelur. Berikut adalah tips untuk memulai beternak ayam arab.

Hal utama yang harus dipersiapkan dalam beternak ayam arab adalah analisa usaha, agar tidak terjadi kerugian dikemudian hari. Misalnya, penyusunan anggaran dana untuk budidaya ayam arab. Bisa dihitung dari dana pengadaan tanah, dana pembangunan koperasi, dana bibit ayam, dana alat dan perlengkapan serta dana rejeki. Estimasi dana yang dibutuhkan untuk usaha 1000 ekor ayam arab akan dibahas pada artikel berikut.

Ternak Ayam Petelur Arab

Ternak Ayam Petelur Arab

Jangan lupa merencanakan terlebih dahulu berapa ekor ayam yang akan diternakkan. Karena ini berkaitan dengan luas kandang yang harus disiapkan. Sebaiknya jangan memaksakan untuk memasukkan kelebihan DOC ke dalam kandang, karena pertumbuhannya bisa terganggu dan tidak maksimal. Kandang yang bersih, aman dan nyaman akan menghindarkan ayam dari stress dan berbagai penyakit sehingga ayam arab dapat menghasilkan telur yang baik.

Ayam Elba, Harapan Baru Telur Ayam Kampung Setelah Ayam Arab

Pemberian pakan memegang peranan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan ayam arab. Ayam arab akan dapat bertelur dengan baik dan teratur jika peternak memberikan pakan yang baik dan bergizi tinggi. Jenis pakan ayam arab adalah pakan organik dan non organik. Pakan organik adalah makanan yang terbuat dari umbi-umbian, sayuran, dll. Peternak dapat membuat pakan sendiri atau membeli pakan organik dari pabrik dalam bentuk voer (murni) atau bekatul.

Dalam sehari pemberian pakan dilakukan dua kali yaitu pada pagi dan sore hari. Pakan yang diberikan mengandung protein kurang lebih 18 persen. Dan setiap ayam petelur diberikan pakan dengan berat 90 gram/ekor/hari Untuk mengetahui apakah ayam tersebut sesuai dengan kualitas pakan yang diberikan, peternak dapat melihat telur yang dihasilkan ayam arab tersebut. Ayam arab yang sehat dan kuat akan menghasilkan cangkang telur yang kuat dan sehat.

Untuk mengetahui apakah ayam arab memiliki produksi telur yang baik maka peternak dapat menentukan berapa banyak telur yang dihasilkan sejak dini. Jika sudah mencapai 80% dari awal ayam bertelur, maka dapat dikatakan proses produksi telur ayam arab berjalan dengan baik. Tergantung bagaimana Anda memelihara dan merawat ayam tersebut. Jika telur yang dihasilkan berkualitas baik dalam jumlah banyak, maka cara pemasarannya akan mudah dan keuntungannya akan besar.

Salah satu aspek yang tidak boleh dilupakan adalah pengelolaan penyakit ayam. Karena hal ini sangat menentukan keberlangsungan usaha ayam petelur arab. Walaupun ayam petelur arab lebih tahan penyakit dibanding jenis ayam lainnya, namun proses pengendalian penyakit pada ayam harus dilakukan. Untuk menghindari kerugian yang besar, sebaiknya selalu perhatikan jenis dan jadwal vaksinasi ayam yang baik dan teratur.

Buku Spm: Cara Jitu Mencetak Ayam Jawara

Saat ayam petelur sudah tidak produktif, peternak bisa menjualnya sebagai ayam pedaging. Harga ayam arab afkir bisa disesuaikan dengan harga pasar. Jadi, selain mendapatkan telur selama masa produksi, Anda juga mendapatkan keuntungan daging selama masa penolakan. Semoga ini bermanfaat. Bisnis Rumahan Modal Kecil – Pernahkah Anda mendengar Telur Ayam Arab? Mungkin belum banyak yang tahu tentang jenis telur kampung ini. Beda lho, telur ayam kampung biasa dengan orang ini. Ia mengatakan bahwa sebenarnya telur ayam arab ini jauh lebih baik daripada telur ayam biasa. Makanya sangat cocok untuk inovasi baru dengan perusahaan modal kecil.

Soalnya, bisnis peternakan ayam lebih menguntungkan meski dijalankan dalam skala kecil. Mereka semahal telur ayam, tetapi pemeliharaan dan produktivitasnya lebih baik daripada ayam biasa.

Bahkan, beberapa penelitian menyebutkan bahwa telur ayam arab ini lebih baik dari telur kampung biasa. Telur ayam arab dikatakan tidak memiliki alergi, walaupun proteinnya lebih tinggi, formula proteinnya lebih bersahabat dengan tubuh, sehingga tidak akan menimbulkan jerawat, bisul atau bahkan gatal.

Ternak Ayam Petelur Arab

Nah… lucunya jenis persilangan antara ayam Belgia dan ayam Jawa ini juga sangat suka kawin dan otomatis suka bertelur. Oleh karena itu ayam betina ini selalu membutuhkan suntikan vitamin khusus untuk menjaga vitalitas dan kualitas telurnya.

Ayam Arab Petelur Unggul

Secara total Anda dapat menggunakan kandang ayam sekitar 3 x 3 x 3 m dengan 4 -5 tingkat. Pada siang hari Anda dapat bergantian melepaskan ayam di salah satu level untuk memberi mereka latihan. Tidak memakan banyak tempat bukan? Jadi jika Anda memiliki pekarangan yang cukup luas, menurut saya bisnis ini sangat cocok untuk Anda jalankan di pekarangan rumah Anda.

Nah, dari gambaran bisnis yang satu ini, semakin jelas bahwa peternakan ayam arab sebagai industri ayam petelur sangat cocok sebagai ide bisnis rumahan modal kecil. Karena tidak membutuhkan banyak ruang, modal dan tenaga, ayam arab merupakan jenis ayam yang cukup umum di Indonesia. Ayam ini merupakan hasil persilangan ayam arab betina dengan ayam kampung jantan.

Uniknya, ayam ini bukanlah ayam yang berasal dari Arab melainkan berasal dari Eropa. Disebut oleh orang Arab karena berbagai alasan.

Bagi anda yang penasaran dengan ciri ayam arab ini, ciri khas dari ayam ini adalah memiliki bulu berwarna putih dengan bintik hitam.

Lumajang, Doc/bibit Ayam Arab Petelur Unggul

Untuk jenisnya, ayam arab ini memiliki 2 variasi yaitu variasi ayam arab silver dan juga ayam arab golden yang berwarna merah.

Karena kelebihannya, ayam arab memiliki banyak keunggulan. Keunggulan dari ayam arab ini antara lain :

Berikut cara membedakan ayam arab jantan dan ayam arab betina. Perbedaan ayam arab jantan dan betina pertama kali dilihat dari bagian kepalanya.

Ternak Ayam Petelur Arab

Kepala ayam arab betina biasanya lebih halus dan lembut dibandingkan dengan ayam arab jantan. Selain itu, ayam juga memiliki paruh terpendek dan terkuat.

Batam, Jual Doc Ayam Arab Petelur Kualitas Bagus

Karena ukurannya, ayam arab jantan cenderung berukuran lebih kecil dengan bentuk memanjang, sedangkan ayam arab betina cenderung memiliki tubuh yang lebih besar.

Salah satu hal yang membuat ayam arab menarik adalah telurnya yang sangat mirip dengan ayam kampung. Walaupun dapat dilihat dari penampilan ayam arab, namun tidak memiliki perbedaan yang mendasar dari segi fisik. Hal ini membuat sulit membedakan antara telur ayam arab dengan telur ayam kampung.

Hal terpenting yang membedakan ayam arab dengan ayam kampung adalah nutrisi dan harga. Ayam arab sering dipelihara dalam kandang agar kandungan gizinya diatur, hal ini membuat ayam kampung lebih bergizi.

Selain perbedaan nutrisinya, perbedaan penting lainnya antara kedua jenis telur tersebut adalah harganya. Harga telur ayam arab tentunya lebih murah dari telur ayam kampung.

Cara Ternak Ayam Arab Pedaging Dengan Mudah

Jadi di atas, mari kita bicara sedikit tentang harganya. Bagi anda yang ingin mengetahui harga ayam arab ini lebih detail, berikut ulasannya.

Harga ayam arab ini berkisar antara Rp 45.000 hingga 50.000, ini adalah harga ayam betina yang sudah siap bertelur. Sedangkan untuk ayam jantan harganya berkisar antara Rp65.000 hingga Rp70.000.

Untuk harga telur tentunya akan berbeda untuk setiap daerah dan juga setiap waktu, namun untuk rata-rata harga telur ayam arab biasanya berkisar antara 1.300 rupiah hingga 1.600 rupiah untuk telur meja. Sedangkan untuk telur tetas berkisar antara Rp 2.000 hingga Rp 2.500

Ternak Ayam Petelur Arab

Jika Anda ingin mulai beternak ayam arab, Anda bisa membeli ayam arab ini dengan harga sekitar Rp 10.000.

Online Public Access Catalog

Bagi Anda yang beternak ayam arab dalam skala kecil, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Jika anda ingin beternak ayam untuk peternakan skala kecil, sangat penting untuk memperhatikan kandang ayam yang akan anda pelihara. Untuk ukuran kandang ayam tentunya harus disesuaikan dengan jumlah ayam yang akan anda pelihara.

Hal yang harus diperhatikan pada kandang ayam arab anda adalah kondisi kandang ayam yang harus selalu bersih. Selain itu, hindari membuat kandang di lahan miring dan berbukit.

Jika bisa, usahakan suhu kandang di kisaran 32,20 C hingga 350 C. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan kelembapan udara yang mencapai 60-70%.

Palu, Jual Doc Ayam Arab Petelur Kualitas Bagus

Jarak kandang dengan pemukiman sekitar 10 meter demi kenyamanan warga dan tentunya untuk menghindari ayam arab dari rasa stress. Jika memungkinkan, tempatkan kandang menghadap ke timur agar ayam mendapatkan sinar matahari secara maksimal. Hindari arah angin dan pastikan ventilasi yang memadai.

Pastikan juga Anda memilih bibit ayam arab yang baik. Bibit ayam arab yang baik adalah anak ayam yang aktif bergerak, pastikan anak ayam tersebut juga tidak cacat tubuhnya. Bulunya juga harus mengkilat dan tidak kusam serta anusnya bersih.

Hal lain yang harus diperhatikan saat memulai usaha ternak ayam arab adalah pemberian pakan yang harus dipatuhi. Ayam arab biasanya membutuhkan nutrisi yang tepat.

Ternak Ayam Petelur Arab

Nutrisi yang tepat ini akan membantu memaksimalkan produktivitas telur ayam arab yang akan Anda pelihara. Jika nutrisi yang diberikan pada ayam arab kurang maka produktivitasnya bisa menurun.

Deskripsi: Budidaya Ayam Arab

Untuk pakan ayam, pakan ini disesuaikan dengan umur ayam arab yang akan anda pelihara. Biasanya pakan ini dibagi menjadi 3 yaitu pakan starter, pakan grower dan terakhir pakan berupa konsentrat petelur.

Selain itu, Anda juga bisa memberikan makanan alternatif berupa jagung, kedelai, tepung ikan. Sorgum, singkong atau umbi lainnya, bekatul dan tepung keong mas.

Untuk anak ayam arab umur 1 bulan, jenis pakan yang diberikan adalah starter. Pakan ini digunakan untuk ayam arab umur 0 sampai 8 minggu.

Biasanya, untuk anak ayam Arab yang membutuhkan starter ini, Anda akan fokus pada kebutuhan protein sekitar 23% untuk anak ayam 0 minggu ke atas.

Peran Unggas Lokal Dalam Mendukung Industri Perunggasan Nasional”

Ternak ayam petelur umbaran, ternak ayam jawa petelur, ternak ayam petelur 100 ekor, ternak ayam arab petelur umbaran, ternak ayam petelur pemula, ternak ayam petelur modern, ternak ayam arab petelur 100 ekor, cara usaha ternak ayam petelur, cara ternak ayam arab petelur, cara ternak ayam petelur, ternak ayam petelur, ternak ayam arab petelur

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

    LAINNYA