Sejarah Kota Tua

8 minutes reading
Wednesday, 29 Mar 2023 01:01 0 140 setiawan

Sejarah Kota Tua – Pekerjaan utama saya setelah menjadi PNS yaitu menganggur tentu saja mencari pekerjaan. Kami juga telah memperkenalkan aplikasi ke berbagai perusahaan, khususnya Fast Moving Consumer Goods (FMCG) dan perusahaan media. Saya memilih kedua jenis perusahaan ini selama saya kuliah karena cocok dengan lingkungan akademik dan organisasi.

Tiba-tiba saya mendapat telepon dari nomor tak dikenal, tapi sayangnya saya sedang makan dan tidak bisa menjawab. Saya telah menelepon beberapa kali dan masih tidak ada jawaban. Setelah 12 kali mencoba, akhirnya saya mendapat telepon. Sebuah perusahaan yang memproduksi sesuatu baru saja mengundang saya ke putaran pertama pemilihan yang menjadi favorit anak-anak di sebuah pesantren besar di Indonesia. Baca juga: Rasna Said dan Sejarawan Casablanca

Sejarah Kota Tua

Pagi-pagi pada hari Senin, 8 April 2019, saya pergi ke tempat tes di Ancol. Garis keliling kota, terbukti menjadi benteng migrasi penduduk Jabodetab. Ini pertama kalinya saya naik KRL dalam perjalanan ke tempat kerja. Kami meninggalkan stasiun Pasarming yang penuh tabrakan dan berhenti di stasiun Jayakarta. Saya bergumam pada diri saya sendiri, “Yah, sangat sulit untuk menghasilkan uang.” Sampai di stasiun terakhir, stasiun Jakarta kota, saya meronta-ronta.

Kota Lama Semarang, Mengamati Kokohnya Bangunan Zaman Dulu

Ujian dimulai pukul 08.00, namun saya tiba di tempat ujian pukul 07.30. Sekitar 40 hingga 50 orang mengikuti tes tersebut, dan yang mengejutkan, semuanya adalah laki-laki. Itu tidak benar gadis. Ok saya tidak cuci mata Dan… Untuk pertama kalinya saya bertemu dengan seorang anak laki-laki dari mahasiswa saya, Undip Jaya Abadi. Seneng banget bisa ketemu anak-anak Undip yang milyaran :))

Ada tiga tingkat pengujian pada hari itu. Tes mental tingkat pertama, tes mental tingkat kedua, tes kepribadian. Soal tes berpikir pertama bersifat standar, seperti sinonim, antonim, matematika dasar, dan bentuk geometris. Saatnya mengumumkan…dan…nama saya disebut-sebut sebagai salah satu pemenang tes Psikologi II. Ada 20 orang lainnya yang maju ke Tahap II.

Tes mental tahap II meliputi tes Al-Qur’an (tes Pauri) dan tes integrasi (disebut kelupaan). Yang terburuk adalah ketika saya mencoba Pauli. Juga, kondisi saya tidak termasuk makanan apa pun. Setelah sekitar lima menit, diumumkan siapa yang memiliki kesempatan untuk naik ke level berikutnya. Sama denganmu…. ternyata nama saya juga ga ada…WKWK. Jangan malu-malu, kami terbang dari Conde ke Ancol, bangun pagi dan masuk KRL. Tapi saat itu aku marah dan ingin bangun, tapi disini aku sendiri~~~~~

Setelah itu, saya pesan ojol ke stasiun kereta Jakarta dan rencananya langsung pulang. Tetapi ketika saya memeriksa waktu, masih jam 10. Juga dekat dengan stasiun Jakarta dan di kota tua. Akhirnya kami memutuskan untuk jalan-jalan keliling kota tua. Sebentar, sungguh. Saya sudah beberapa kali ke Kota Tua (mungkin). Tapi ada baiknya jika Anda tidak bermalam di rumah.

Kota Tua Jakarta

Impian terbesar saya saat itu adalah masuk ke museum boneka. Sejak Brodjol, saya belum pernah ke museum sebelumnya. Ya… tapi kenapa kamu diam saja? Pintu masuk juga ditutup. Apa ini? ?

Demi Tuhan, saya baru ingat hari Senin ini. Artinya, tidak semua museum di Jakarta buka atau tutup. “Tidak Ada Keberuntungan” kali ini? Pintu masuk ke museum Fatahillah ditutup. Museum Bank Indonesia juga ditutup. semuanya tertutup. Saya juga ditolak pekerjaan. Hanya satu yang buka setiap hari. Pintu ampunan Allah.

Hari itu kami hanya melihat bangunan tua Kota Tua dan tidak masuk ke dalamnya. Mungkin sudah banyak website yang menulis tentang kota tua Jakarta. Namun disini saya mencoba menjelaskan sedikit tentang sejarah bangunan tersebut dan mengaitkannya dengan hikmah pengalaman saya di masa lalu #Eaaaa, ada beberapa bangunan di kota tua Jakarta yang sudah selesai dibangun.

Mari kita mulai dengan bangunan paling penting dan terkenal: Museum Jakarta atau Museum Fatahillah yang terkenal. Di depan gedung ini adalah Kantor Gubernur (Governor’s Office), dan di depan Balai Kota Batavia (stadhuis), Gubernur Jenderal Abraham van Riebeck mulai membangun gedung ini pada tahun 1710. Pada tahun 1974, gubernur meresmikan gedung tersebut sebagai Museum Jakarta. . Ali Sadikin Gedung ini juga merupakan penjara para pahlawan nasional seperti Untun Surapati (1670) dan Pangeran Diponegoro (1830).

Museum Fatahillah, Menelisik Sudut Sejarah Kota Tua Jakarta

Lalu ada museum, museum boneka, yang awalnya dibuat untuk sebuah gua. Museum boneka tersebut adalah De Oude Hollandche Kerk atau Gereja Belanda Lama yang dibangun pada tahun 1640. Pada tahun 1732 bangunan tersebut direnovasi dan berganti nama menjadi New Hollandche Kerk atau Gereja Belanda Baru. Dulu, pelataran gedung ini adalah pemakaman Belanda, namun perlahan-lahan malaria menyerbunya.

Terakhir, dibuka kuburan baru di Kevon Jahe Korver (dulu Museum Prasasti Taman) untuk menggantikan kuburan New Horanche Kerk. Hingga saat ini, Museum Boneka memiliki koleksi sekitar 4000 boneka dan boneka dari seluruh Indonesia dan luar negeri. Baca Juga: Mengungkap Rahasia Museum Jakarta

Alun-alun Fatahillah masih menjadi rumah bagi Café Batavia, simbol Kota Tua Jakarta. Dibangun pada tahun 1837, gedung ini merupakan gedung pemerintahan. Pada tahun 1993, Café Batavia resmi dibuka. Harga makanan dan minuman di sini sangat murah. Mengutip dari situs Zomato, rata-rata pengunjung menghabiskan Rp 100.000 hingga Rp 300.000 per makanan. Ladies, apakah Anda ingin makan di sini?

Dari sana kami mengikuti jalur Kali Besar, sekarang sebagian dihidupkan kembali. Pemprov DKI Jakarta mulai menghidupkan kembali Kalibsar sejak 2016 dan diresmikan pada Juni 2018. Terdapat jalur pejalan kaki sepanjang 1,2 km di setiap sisi Kali Besar. Jalanannya sangat nyaman dan cocok untuk penyandang disabilitas. Mungkin satu-satunya yang tersisa adalah kurangnya naungan yaitu pohon-pohon kecil. Juga, ditempatkan di sepanjang jalan ini, ada banyak orang lain, masing-masing dengan filosofinya sendiri.

Kota Tua Jakarta Hi Res Stock Photography And Images

Dia mengatakan bahwa ada tempat terapung di tengah Caribsar, yang dapat digunakan setelah peluncuran (((ESANA))). Tapi sudah hampir setahun sejak diluncurkan dan air mancurnya masih belum bisa digunakan :). Bahkan namanya dalam bahasa Indonesia.

Bangunan dua menara yang indah ini baru saja direnovasi pada tahun 2015. Bangunan asli Cipta Niaga dikenal sebagai Gedung Desain Internasional di Rotterdam. Dibangun pada tahun 1910, bangunan ini membentang dari barat ke timur dan menghadap stasiun Kali Besar di Jalan Kali Besar Timur. Dulu, Gedung Cipta Niaga digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar yang bergerak di bidang perbankan dan pertanian. Perusahaan ini membeli sewa kapal, membuka kredit dan deposito, dll.

Yang pertama adalah bangunan Tabut Adigna yang dibangun pada tahun 1924. Perusahaan perdagangan Belanda yang didirikan pada tahun 1824 mulai menggunakan bangunan tersebut. Bangunan tersebut saat ini digunakan oleh kantor pelayaran milik PT. Adinda membungkuk.

Yang kedua adalah gedung Jasa Raharja. Dibangun sekitar abad ke-19, ia memiliki desain Eropa yang unik. Sebelum direkonstruksi, kondisinya sudah runtuh, dan atapnya hilang serta tidak berfungsi (hanya tembok yang tertinggal). Namun setelah dibangun kembali gedung tersebut, Jasa Raharja DKI Jakarta menggunakan gedung tersebut.

Indonesia Postpones Plan To Propose Kota Tua As World Heritage Site Until Next Year

Lalu ada gedung Kerta Niaga yang dibangun sekitar tahun 1912 oleh Kantor Arsitek Hulswit Ed Cuypers, yang dikenal sebagai firma arsitektur bergaya Amsterdam. Itu ditinggalkan tetapi sekarang digunakan sebagai bangunan Museum Magic Art 3D Jakarta. Sebagai referensi, Halswit adalah arsitek yang membantu membangun Katedral Jakarta.

Gedung Adhiguna Ark, Gedung Jasa Raharja, Magical 3D Museum. Ketiga gedung ini berhadapan langsung dengan Kalibesar.

Bangunan lain yang menarik perhatian kami adalah bangunan merah di antara bangunan putih/krem. Bangunan tersebut adalah Toko Merah yang berdiri sejak tahun 1730. Bangunan tersebut merupakan kediaman Gustav Willem Baron van Imhof, Gubernur VOC dari tahun 1743 hingga 1750.

Tidak ada aktivitas yang terlihat saat saya berkunjung ke Tokomera. Pembangunan gedung ini masih simpang siur, ada yang bilang digunakan sebagai hotel, ada yang bilang kafe, dan ada yang bilang sebagai tempat pesta. arus listrik.

Menelisik Peninggalan Sejarah Di Kota Tua 🏢

Langsung menuju ke Jalan Roa Malaka, ada bangunan putih yang baru saja direnovasi di sudut Jalan Roa Malaka. Sebelumnya Chartered Bank of India, Australia dan China, konstruksi dimulai pada Februari 1921. Pada tahun 1964, pemerintah mengambil alih Chartered Bank milik Inggris sebagai bagian dari nasionalisasi semua perusahaan asing. Bank sewaan tersebut berganti nama menjadi Bank Umum Negara dan menjadi Bank Bumi Daya beberapa tahun kemudian. Gedung tersebut kini dimiliki oleh Bank Mandiri. Seperti Toko Merah, bangunan modern ini harus tercemar akibat keberadaan kabel listrik bertegangan tinggi.

Melanjutkan sepanjang Pintu Besar Utara, Anda akan menemukan Museum Bank Indonesia, gedung lama Bank Indonesia. Awalnya bangunan ini merupakan rumah sakit umum bernama RS Binneng. Namun pada tahun 1828 pemerintah Belanda mengubah fungsinya dan menjadikannya sebagai kantor De Jabache Bank. Pada tahun 1953, De Javasche Bank dinasionalisasi dan menjadi Bank Sentral Indonesia, sekarang disebut Bank Indonesia.

Dari museum BI muncul lagi museum bertema ‘bank’, yaitu Museum Bank Mandiri. Museum Mandiri didirikan pada 2 Oktober 1998 dan menempati bekas gedung Nederlandsche Handel-Maatschappij (NHM) atau Factorji Batavia.

Jalan Lapangan Stasiun No. 1 tahun 1929.

Kota Tua Jakarta And Dutch Colonialisation

Sejarah tentang kota tua, sejarah kota tua jakarta, sejarah kota tua semarang, hotel kota tua, hotel di kota tua, hotel mutiara kota tua, hotel batavia kota tua, sejarah kota tua ampenan, sejarah kota tua surabaya, hotel kota tua jakarta, sejarah kota tua batavia, sejarah museum kota tua