Makanan Yg Harus Dihindari Saat Hamil Muda

9 minutes reading
Wednesday, 15 Feb 2023 00:39 0 154 setiawan

Makanan Yg Harus Dihindari Saat Hamil Muda – Kehamilan Nanas Muda Tak Menyebabkan Keguguran, Tapi Bisa Menyebabkan 5 Masalah Kesehatan Ibu Hamil Meita Fajriana | Sabtu, 15 Januari 2022 07:00 WIB

Jakarta – Pernahkah Anda mendengar beberapa makanan seperti nanas muda yang harus dihindari saat hamil? Banyak mitos seputar kehamilan yang berhubungan dengan makanan. Beberapa Ibu tidak percaya bahwa ada makanan pantangan yang tidak boleh dikonsumsi selama kehamilan, karena dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada anak hingga kelahiran prematur Anda.

Makanan Yg Harus Dihindari Saat Hamil Muda

Makanan Yg Harus Dihindari Saat Hamil Muda

Salah satu makanan yang diketahui bisa menyebabkan keguguran dan harus dihindari saat hamil adalah nanas muda. Apalagi pada trimester pertama kehamilan saat kandungan ibu masih rapuh.

Jenis Makanan Yang Berbahaya Untuk Dikonsumsi Saat Hamil

“Tidak hanya berbahaya bagi kesehatan, banyak juga ibu hamil yang meyakini bahwa pantang makan dapat berdampak buruk bagi janin. Pada prinsipnya, tidak ada makanan yang dilarang untuk dikonsumsi selama hamil. Yang terpenting adalah makanan tersebut mampu memenuhi kebutuhan ibu dan bayi dalam kandungannya,” kata dr Ilham Utama Surya, SpOG dokter spesialis kandungan yang berpraktik di RSUPN dr Cipto Mangunkusumo kepada

Salah satu hal paling unik tentang kehamilan adalah Anda akan segera mempelajari ribuan fakta baru. Anda akan mendengar peringatan, tip, dan saran dari orang-orang, bahkan orang asing, tentang hal-hal yang tidak pernah Anda pertimbangkan sebelum hamil.

Begitu pula dengan mitos bahwa nanas muda tidak baik untuk ibu hamil. Jadi apa alasannya? Bisakah Anda makan nanas dengan aman, atau haruskah Anda menghindarinya selama kehamilan?

, nanas benar-benar aman dikonsumsi selama kehamilan. Banyak mitos yang mengatakan bahwa hal tersebut berbahaya karena dapat menyebabkan keguguran, namun nyatanya belum ada bukti ilmiah yang menunjukkan Bunda ini. Beberapa orang mengalami makan nanas sebelum keguguran atau melahirkan, tetapi secara statistik, banyak wanita hamil makan nanas tanpa masalah.

Makanan Berbahaya Untuk Ibu Hamil, Hindari Sekarang!

Bukan berarti tidak ada risiko, apalagi bila nanas dikonsumsi dalam jumlah banyak. Beberapa wanita hamil mengalami bisul dan mulas yang parah setelah makan nanas segar. Sama halnya dengan nanas seperti buah apapun, dapat menyebabkan diare dan rasa tidak nyaman di perut Anda.

Nanas mengandung bromelain, yang merupakan sejenis enzim. Oleh karena itu, tablet bromelain ini tidak dianjurkan untuk dikonsumsi selama masa kehamilan. Ini karena enzim tersebut dapat memecah protein dalam tubuh dan menyebabkan pendarahan yang tidak normal.

Meskipun bromelain ditemukan di inti nanas, sangat sedikit daging nanas yang kita makan. Jumlah bromelain dalam satu porsi nanas tidak akan mempengaruhi kehamilan Anda, pada dasarnya asupan normal nanas muda ini tidak akan memberikan efek negatif pada kehamilan Anda.

Makanan Yg Harus Dihindari Saat Hamil Muda

Cek informasi seputar tahapan Bunda mulai dari Program Hamil, Tumbuh Kembang Janin, hingga Tumbuh Kembang Anak, yuk!

Cara Cegah Asam Lambung Naik Saat Hamil, Bunda Perlu Tahu

Program Kehamilan Cari tahu lebih lanjut tentang 30 hari perencanaan kehamilan. Yuk Cek Tahapan Kehamilan Ketahui pertumbuhan dan perkembangan janin setiap minggunya. Yuk Cek Tahapan Bayi Cari tahu lebih lanjut tentang tumbuh kembang bayi setiap bulannya. Simak, Jakarta Salah satu hal terbesar yang harus diperhatikan saat hamil adalah asupan makanan. Meskipun seseorang saat hamil dianjurkan untuk banyak makan, bukan berarti semua makanan boleh dimakan, karena ada juga beberapa bahan makanan yang berbahaya bagi kesehatan ibu dan anak.

Seperti dilansir dari healthline.com, berikut beberapa jenis makanan yang tidak boleh dimakan saat hamil. Langsung saja simak ulasan berikut ini.

Untungnya, ada lebih banyak yang bisa Anda makan daripada yang tidak bisa Anda makan. Anda hanya perlu mempelajari cara menavigasi perairan (yaitu perairan rendah merkuri). Anda pasti ingin memperhatikan apa yang Anda makan dan minum agar tetap sehat.

Makanan tertentu harus jarang dimakan, sementara yang lain harus dihindari sama sekali. Berikut adalah 11 makanan dan minuman yang harus dihindari atau diminimalkan selama kehamilan.

Catat! Inilah 9 Makanan Yang Berbahaya Untuk Ibu Hamil

Merkuri adalah unsur yang sangat beracun. Tidak memiliki tingkat paparan yang aman dan sering ditemukan di air yang tercemar. Dalam jumlah yang lebih tinggi, itu bisa menjadi racun bagi sistem saraf, sistem kekebalan, dan ginjal. Ini juga dapat menyebabkan masalah perkembangan serius pada anak-anak.

Ikan yang mengandung merkuri antara lain: hiu, tuna, marlin, halibut, dan sebagainya. Namun, ada jenis ikan yang baik dikonsumsi karena rendah merkuri seperti ikan teri, cod, salmon dan jenis ikan air tawar yang aman dikonsumsi hingga 3 kali dalam seminggu.

Daging yang kurang matang dipengaruhi oleh beberapa masalah yang sama seperti ikan mentah. Makan daging yang kurang matang atau mentah meningkatkan risiko infeksi dari beberapa bakteri atau parasit, termasuk Toxoplasma, E. coli, Listeria, dan Salmonella.

Makanan Yg Harus Dihindari Saat Hamil Muda

Bakteri tersebut dapat membahayakan kesehatan si kecil, kemungkinan menyebabkan lahir mati atau penyakit saraf yang serius, termasuk kecacatan intelektual, kebutaan, dan epilepsi.

Pantangan Makanan Untuk Ibu Hamil

Telur mentah bisa terkontaminasi bakteri Salmonella. Gejala infeksi salmonella dapat berupa demam, mual, muntah, kram perut, dan diare.

Namun, dalam kasus yang jarang terjadi, infeksi Salmonella dapat menyebabkan kram pada rahim, menyebabkan kelahiran prematur atau keguguran. Untuk amannya, selalu pastikan untuk memasak telur sampai matang atau menggunakan telur yang sudah dipasteurisasi.

Banyak orang menyukai secangkir kopi, teh, minuman ringan, atau coklat dalam kesehariannya. Namun, wanita hamil umumnya disarankan untuk membatasi asupan kafein hingga kurang dari 200 mg per hari, menurut American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG).

Kafein diserap dengan sangat cepat dan mudah masuk ke plasenta. Karena bayi dan plasenta belum memiliki enzim kunci untuk memetabolisme kafein. Oleh karena itu, kadar kafein yang tinggi dapat terakumulasi. Asupan kafein yang tinggi selama kehamilan telah terbukti membatasi pertumbuhan janin dan meningkatkan risiko bayi lahir dengan berat badan rendah.

Makanan Untuk Perkembangan Otak Janin Optimal

Susu mentah, keju yang tidak dipasteurisasi, dan keju lunak dapat mengandung berbagai bakteri berbahaya, termasuk Listeria, Salmonella, E. coli, dan Campylobacter.

Hal yang sama berlaku untuk jus yang tidak steril yang juga rentan terhadap kontaminasi bakteri. Infeksi ini dapat menimbulkan konsekuensi yang mengancam kesehatan bagi bayi yang belum lahir.

Bahan makanan lain yang harus dihindari saat hamil adalah jeroan hewan, kecambah mentah, ikan mentah, alkohol dan makanan cepat saji. Demikian ulasan mengenai beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari saat hamil. Semoga Bermanfaat 11 Buah Yang Tidak Boleh Dimakan Ibu Hamil Tanggal Terbit: 22 Feb 2019 Terakhir Diperbarui: 2 Agustus 2021 Direvisi 13 Juni 2019 Waktu Baca: 4 menit

Makanan Yg Harus Dihindari Saat Hamil Muda

Selama hamil, ibu disarankan untuk banyak makan makanan bergizi, terutama buah-buahan. Namun, tahukah Anda bahwa tidak semua buah aman untuk ibu hamil? Ya, meskipun beberapa di antaranya mungkin merupakan buah favorit Anda, sebaiknya hindari jenis buah yang tidak boleh dikonsumsi ibu hamil demi keselamatan calon buah hati.

Demi Janin Yang Sehat, Hindari 7 Makanan Ini Selama Hamil

Ada beberapa alasan mengapa ibu hamil tidak boleh makan beberapa buah. Ada hal-hal yang dapat menyebabkan kontraksi rahim bahkan keguguran atau gangguan pencernaan seperti sakit perut, kembung, dan konstipasi (susah buang air besar). Beberapa dari hasil ini harus dihindari dan yang lainnya hanya perlu dibatasi.

Beberapa ibu hamil percaya bahwa minum jus nanas dapat memperlancar proses persalinan. Mungkin ada benarnya juga, mengingat bromelain dalam nanas dapat mengendurkan serviks atau jalan lahir. Untuk alasan ini, makan nanas dikatakan dapat memicu pembukaan dan kontraksi rahim.

Namun di sisi lain, buah asam segar ini juga bisa memicu keguguran jika dikonsumsi pada trimester pertama kehamilan. Alasannya sama, akibat efek bromelain pada rahim tadi.

Oleh karena itu, sebaiknya hindari makan nanas selama masa kehamilan, terutama pada trimester pertama. Setelah melalui tahapan hamil muda, Anda bisa mengonsumsi nanas secukupnya karena buah inipun kaya akan nutrisi.

Makanan Ini Bisa Berbahaya Untuk Ibu Hamil

Pepaya mentah umumnya mengandung berbagai enzim yang dapat merangsang kontraksi rahim dan memperlancar jalan lahir. Hal ini menyebabkan janin lahir prematur, atau keguguran.

Untuk alasan ini, jangan makan pepaya mentah selama kehamilan. Pilih jenis pepaya matang yang kaya manfaat: mulai dari melancarkan buang air besar dan sarat dengan nutrisi penting bagi tubuh.

Lain halnya dengan pisang yang masih mentah. Buah yang baik untuk ibu hamil bisa menjadi buah yang tidak boleh dimakan oleh ibu hamil.

Makanan Yg Harus Dihindari Saat Hamil Muda

Pisang mentah mengandung banyak pati resisten yang sulit dicerna tubuh. Selain itu, pisang mentah juga mengandung lebih banyak tanin, zat yang dapat memperlambat proses pergerakan makanan di usus.

Buah Yang Bagus Untuk Ibu Hamil Dan Perkembangan Janin

Ibu hamil sepertinya tidak bisa menikmati kesegaran dan rasa leci karena buah ini ‘panas’. Jika satu kehamilan membuat tubuh Anda kepanasan, makan leci akan memperburuk kondisinya.

Tak hanya berdampak pada janin, Anda juga bisa mengalami sakit perut dan pendarahan yang bisa memicu keguguran, sehingga tidak heran jika leci menjadi salah satu buah yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil.

Namun, efek buruk leci selama kehamilan bergantung pada seberapa banyak Anda memakannya. Boleh saja mencicipi 1-2 buah leci sehari, asalkan tidak berlebihan.

Makanan yang satu ini berbahaya tidak hanya untuk ibu hamil, tapi juga untuk semua orang. Ini karena kentang bertunas mengandung solanin yang berbahaya bagi kesehatan. Racun ini dapat menghambat pertumbuhan janin dan meningkatkan risiko keguguran.

Hindari Buah Yang Tidak Boleh Dimakan Ibu Hamil

Jika Anda menemukan pohon apel liar di pinggir jalan, jangan buru-buru memetik dan memakannya. Sekilas, apel liar yang biasanya memiliki rasa asam, pahit, dan manis ini sepertinya cocok untuk melegakan

Namun, siapa sangka bahwa hasil ini bisa mengalir dan mengecilkan rahim, yang bisa menyebabkan keguguran atau lahir mati.

Meski rasanya manis, buah persik juga ‘pedas’. Mengonsumsi terlalu banyak dapat membuat ibu hamil berisiko mengalami pendarahan. Selain itu, kulit persik dengan rambut juga bisa digunakan untuk tenggorokan gatal dan terbakar.

Makanan Yg Harus Dihindari Saat Hamil Muda

Oleh karena itu, buah ini masuk dalam daftar buah yang tidak boleh dikonsumsi ibu hamil karena berisiko keguguran. Meski nyatanya beberapa sumber masih memperbolehkan ibu hamil untuk mengonsumsinya dalam jumlah sedikit.

Dos & Donts Makanan Selama Kehamilan

Tak hanya bagi ibu hamil, bagi orang normal, kesemek bisa menyebabkan sembelit alias sembelit, karena kesemek memiliki kadar tanin yang tinggi.

Jadi ibu hamil yang sedang mengalami sembelit, sebaiknya jauhi buah ini dan atasi dengan: Cara Aman Mengatasi Susah Hamil Tanpa Obat

Wanita hamil yang suka durian

Hal2 yg harus dihindari saat hamil muda, makanan yg harus dihindari agar cepat hamil, makanan yang harus dihindari ketika hamil muda, makanan yg harus dihindari saat hamil, hal yg harus dihindari saat hamil muda, yg harus dihindari saat hamil muda, makanan dan minuman yang harus dihindari saat hamil muda, makanan yg harus dihindari ibu hamil muda, aktivitas yang harus dihindari saat hamil muda, makanan yg harus dihindari oleh ibu hamil, makanan yang harus dihindari saat hamil trimester pertama, yg harus dihindari saat hamil

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

    LAINNYA